KISI KISI PAS SEMESTER GANJIL 2016/2017 KELAS 8 KURIKULUM 2013
NO
|
KD
|
Ranah Kognitif
|
Indikator Pencapaian KD
|
Materi
|
IndikatorSoal
|
Skor
|
1.
|
Memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum
Newton serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari
|
C-2
|
Memahami gerak lurus serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengaruh gaya terhadap gerak
|
Disajikan beberapa peristiwa, peserta didik dapat menunjukkan peristiwa
gaya tak sentuh
|
|
2
|
|
|
Memahami gerak pada makhluk hidup
|
Gerak pada makhluk hidup
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pengertian
gerak pada tumbuhan yang benar
|
|
3
|
|
C2
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan
jenis gerak pada tumbuhan bunga pukul empat
|
|
4
|
.
|
C3
|
Menentukan besar kelajuan benda
|
Gerak lurus
|
Peserta didik dapat menghitung
besar kelajuan jika diketahui panjang
lintasan dan waktu.
|
|
5
|
.
|
C3
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Pengaruh gaya terhadap gerak
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
besar dan arah percepatan sebuah benda yang dikenai dua buah gaya berlawanan
apabila massa dan besar masing-masing gaya diketahui.
|
|
6
|
|
C3
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Pengaruh gaya terhadap gerak
|
Peserta didik dapat menentukan besar percepatan
sebuah benda yang dikenai gaya
|
|
7
|
.
|
C2
|
Menentukan ciri gerak hewan
|
Gerak pada makhluk hidup
|
Peserta didik dapat menentukan ciri pada tubuh ikan
|
|
8
|
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
berbagai kondisi.
|
C2
|
Menjelaskan fungsi rangka bagi tubuh manusia
|
Rangka dan Otot
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan fungsi rangka yang benar
|
|
9
|
|
C2
|
Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia
|
Rangka dan otot
|
Disajikan tabel jenis-jenis otot, peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri otot yang benar
|
|
10
|
|
|
Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada tubuh manusia
|
|
Disajikan gambar struktur bagian tulang peserta
didik dapat menyebutkan jenis sendi yang ditunjuk.
|
|
11
|
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia
|
C2
|
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Pesawat sederhana
|
peserta didik mampu menjelaskan kegunaan
pesawat sederhana.
|
|
12
|
|
C3
|
Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang
terdapat disekitar
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan tuas jenis I
|
|
13
|
.
|
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan bagian-bagian tuas dari pesawat sederhana
|
|
14
|
Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan
dan fungsinya serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami
struktur tersebut
|
C2
|
Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun akar
jaringan tumbuhan tersebut
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
rambut akar
|
|
15
|
|
C2
|
Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun
batang
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan letak
jaringan pengangkut pada batang
|
|
16
|
|
C2
|
Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun daun
|
|
Disajikan beberapa ciri mesofil daun,
peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri mesofil palisade pada daun
|
|
17
|
|
C2
|
Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi
jaringan di akar
|
|
Disajikan gambar anatomi akar, peserta
didik dapat menjelaskan fungsi struktur akar yang ditunjuk
|
|
18
|
|
C2
|
Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi
jaringan di batang
|
|
Disajikan gambar , peserta didik dapat
menjelaskan fungsi struktur jaringan pengangkut pada batang
|
|
19
|
|
C2
|
Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi
jaringan di daun.
|
|
Disajikan gambar , peserta didik dapat
menyebutkan nama dan fungsi struktur jaringan yang ditunjuk
|
|
20
|
|
C3
|
Menunjukkan pemanfaatan teknologi yang terilhami
struktur tumbuhan
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pemanfaatan struktur jaringan yang mengilhami teknik
pemasangan batu bata
|
|
21
|
Mendeskripsikan
Keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap
kesehatan manusia
|
C2
|
Menyebutkan contoh-contoh bahan penyusun peralatan
yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat bahan dan pemanfaatannya
|
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh bahan pembuatan baju seragam pekerja lapangan
|
|
22
|
|
|
Menjelaskan sifat bahan serat
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan sifat-sifat serat sutra
|
|
23
|
|
|
Menjelaskan kegunaan bahan serat dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan serat
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
24
|
|
|
Menjelaskan sifat bahan karet
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan sifat bahan karet
|
|
25
|
|
|
Menjelaskan kegunaan bahan karet dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan karet
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
26
|
.
|
|
Menjelaskan sifat bahan gelas
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan sifat bahan gelas
|
|
27
|
Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan.
|
C2
|
Menyebutkan jenis-jenis bahan makanan
|
Sistem pencernaan pada manusia
|
Peserta didik dapat menyebutkan sumber
makanan penghasil energi
|
|
28
|
.
|
|
Menyebutkan jenis-jenis bahan makanan
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
zat besi
|
|
29
|
.
|
|
Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam kehidupan
sehari-hari melalui uji bahan makanan
|
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat
menyebutkan bahan makanan yang mengandung amilum dan glukosa melalui uji
bahan makanan
|
|
30
|
.
|
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat
menyebutkan bahan makanan yang mengandung protein dan amilum melalui uji
bahan makanan
|
|
31
|
|
|
Menjelaskan fungsi dari bahan makanan
|
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat
menjelaskan fungsi mineral dalam sumber makanan
|
|
32
|
.
|
|
Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan
manusia
|
|
Disajikan gambar organ pencernaan,
peserta didik dapat menyebutkan organ pencernaan manusia
|
|
33
|
.
|
|
Menjelaskan fungsi-fungsi organ pencernaan
|
|
Disajikan gambar sistem pencernaan
manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ usus halus
|
|
34
|
|
|
Menjelaskan proses pencernaan pada tubuh manusia
|
|
Peserta didik dapat mengurutkan proses
pencernaan pada manusia
|
|
35
|
Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam
makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan) dan zat adiktif-psikotropika
serta pengaruhnya dalam kesehatan
|
C2
|
Memberikan contoh zat aditif dalam bahan makanan
|
Zat aditif dan zat adiktif
|
Disajikan tabel bahan pemanis, peserta didik dapat
memberi contoh pemanis alami
|
|
36
|
|
|
Memberikan contoh zat aditif dalam bahan makanan
|
|
Peserta didik dapat memberi contoh pewarna sintetis
pada bahan makanan
|
|
37
|
|
|
Menjelaskan fungsi penggunaan bahan aditif dalam
makanan
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi penggunaan
bahan aditif dalam makanan
|
|
38
|
|
|
Menyebutkan macam dan efek penggunaan bahan adiktif
bagi kesehatan
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan macam zat adiktif
bagi kesehatan
|
|
39
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan efek zat adiktif bagi
kesehatan
|
|
40
|
|
|
Menjelaskan pengaruh psikotropika terhadap kesehatan
|
|
Disajikan beberapa pernyataan, Peserta
didik dapat menjelaskan pengaruh psikotropika terhadap kesehatan
|
|
41
|
Memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan hukum Newton serta penerapannya pada gerak makhluk hidup
dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
C3
|
Menentukan besar kelajuan benda
|
Gerak lurus
|
Peserta didik dapat menghitung jarak
lintasan jika diketahui kecepatan dan waktu
|
|
42
|
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia,
serta fungsinya pada berbagai kondisi.
|
C2
|
Menyebutkan nama-nama tulang pada tubuh manusia
|
Rangka dan otot
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan nama-nama tulang
|
|
43
|
Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan
dan fungsinya serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami
struktur tersebut.
|
C2
|
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan dan menjelaskan fungsi jaringan pada daun
|
|
44
|
Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan..
|
C2
|
Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam kehidupan
sehari-hari melalui uji bahan makanan
|
Sistem pencernaan pada manusia
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat
menyebutkan bahan makanan yang harus dihindari penderita diabetes militus
|
|
45
|
Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam
makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan) dan zat adiktif-psikotropika
serta pengaruhnya dalam kesehatan
|
C2
|
Memberikan contoh zat aditif dalam bahan makanan
|
Zat aditif dan zat adiktif
|
Peserta didik dapat memberi contoh zat aditif alami
dan buatan pada kemasan minuman
|
|
0 komentar:
Posting Komentar