ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
IPA KELAS VII
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS : VII
MATERI AJAR
: Objek IPA dan
Pengamatannya
Domain
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup Materi
|
Aktivitas/Kegiatan
Belajar Siswa
untuk
Mencapai Kompetensi
|
Teknik
dan Bentuk Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati
teman, untuk melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan,
warna rambut, warna kulit dst.
·
Demonstrasi
mengukur panjang benda
·
Mengamati
berbagai alat ukur, misalnya penggaris, neraca,
Menanya:
·
Dalam
kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati.
Bagaimana para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa
kesimpulannya!
·
Pengukuran termasuk salah satu pengamatan, Mengapa
benda-benda tersebut harus diukur?
·
Apakah sebenarnya
mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
·
Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut
besaran, termasuk besaran apakah massa,
panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
·
kelajuan,
luas, dan volume?
·
Adakah
patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara
internasional?
·
Dalam
kehidupan sehari-hari sering kita temui
besaran panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran
tersebut
Eksperimen/explore:
·
Melakukan
eksperimen kerja IPA untuk membandingkan
apakah hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
·
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur
volume dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
·
Mengukur
besaran turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis
data dalam bentuk tabel
·
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
· Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
· Mempresentasikan
hasil percobaan
|
Tugas
·
Lakukan
pengamatan terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
·
Mengerjakan
tugas reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
·
Tugas
proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya,
peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju daerah tertentu dengan meniadakan faktor
kemacetan
Observasi
Memberikan penilaian pada saat peserta didik
melakukan percobaan.
Portofolio
·
Laporan hasil eksperimen
·
Laporan tugas proyek
Tes
Contoh soal PG
Beberapa perilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan
pengukuran :
·
Menuangkan air ke dalam gelas ukur
·
Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
·
Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
·
Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus
(VA–VB )
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk
menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati
teman, untuk melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan,
warna rambut, warna kulit dst.
·
Demonstrasi
mengukur panjang benda
·
Mengamati
berbagai alat ukur, misalnya penggaris, neraca,
Menanya:
·
Dalam
kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati.
Bagaimana para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa
kesimpulannya!
·
Pengukuran termasuk salah satu pengamatan, Mengapa
benda-benda tersebut harus diukur?
·
Apakah sebenarnya
mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
·
Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut
besaran, termasuk besaran apakah massa,
panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
·
kelajuan,
luas, dan volume?
·
Adakah
patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara
internasional?
·
Dalam
kehidupan sehari-hari sering kita temui
besaran panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran
tersebut
Eksperimen/explore:
·
Melakukan
eksperimen kerja IPA untuk membandingkan
apakah hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
·
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur
volume dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
·
Mengukur
besaran turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis
data dalam bentuk tabel
·
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
· Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
· Mempresentasikan
hasil percobaan
|
Tugas
·
Lakukan
pengamatan terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
·
Mengerjakan
tugas reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
·
Tugas
proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya,
peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju daerah tertentu dengan meniadakan faktor
kemacetan
Observasi
Memberikan penilaian pada saat peserta didik
melakukan percobaan.
Portofolio
·
Laporan hasil eksperimen
·
Laporan tugas proyek
Tes
Contoh soal PG
Beberapa perilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan
pengukuran :
·
Menuangkan air ke dalam gelas ukur
·
Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
·
Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
·
Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus
(VA–VB )
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran
yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai
bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku)
dalam pengukuran
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati
teman, untuk melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan,
warna rambut, warna kulit dst.
·
Demonstrasi
mengukur panjang benda
·
Mengamati
berbagai alat ukur, misalnya penggaris, neraca,
Menanya:
·
Dalam
kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati.
Bagaimana para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa
kesimpulannya!
·
Pengukuran termasuk salah satu pengamatan, Mengapa
benda-benda tersebut harus diukur?
·
Apakah
sebenarnya mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
·
Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut
besaran, termasuk besaran apakah massa,
panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
·
kelajuan,
luas, dan volume?
·
Adakah
patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara
internasional?
·
Dalam
kehidupan sehari-hari sering kita temui
besaran panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran
tersebut
Eksperimen/explore:
·
Melakukan
eksperimen kerja IPA untuk
membandingkan apakah hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
·
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur
volume dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
·
Mengukur
besaran turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis
data dalam bentuk tabel
·
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
· Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
· Mempresentasikan
hasil percobaan
|
Tugas
·
Lakukan
pengamatan terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
·
Mengerjakan
tugas reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
·
Tugas
proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya,
peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju daerah tertentu dengan meniadakan faktor
kemacetan
Observasi
Memberikan penilaian pada saat peserta didik
melakukan percobaan.
Portofolio
·
Laporan hasil eksperimen
·
Laporan tugas proyek
Tes
Contoh soal PG
Beberapa perilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan
pengukuran :
·
Menuangkan air ke dalam gelas ukur
·
Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
·
Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
·
Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus
(VA–VB )
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari
sekolah.
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
Mengamati
:
·
Mengamati
teman, untuk melihat ciri-ciri yang ada pada teman, misalnya tinggi badan,
warna rambut, warna kulit dst.
·
Demonstrasi
mengukur panjang benda
·
Mengamati
berbagai alat ukur, misalnya penggaris, neraca,
Menanya:
·
Dalam
kehidupan sehari-hari ternyata banyak sekali obyek yang perlu diamati. Bagaimana
para ahli melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar? Apa
kesimpulannya!
·
Pengukuran termasuk salah satu pengamatan, Mengapa
benda-benda tersebut harus diukur?
·
Apakah
sebenarnya mengukur itu dan disebut apakah sesuatu yang bisa diukur itu?
·
Apabila sesuatu yang dapat diukur disebut
besaran, termasuk besaran apakah massa,
panjang, waktu itu? Apa bedanya dengan
·
kelajuan,
luas, dan volume?
·
Adakah
patokan yang digunakan dalam pengukuran supaya hasilnya sama secara
internasional?
·
Dalam kehidupan
sehari-hari sering kita temui besaran
panjang, waktu, massa, termasuk besaran apakah ketiga besaran tersebut
Eksperimen/explore:
·
Melakukan
eksperimen kerja IPA untuk
membandingkan apakah hasil pengamatan (prediksi) sama dengan kenyataan.
·
Mengukur panjang benda hidup dan benda tak
hidup dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur
volume dengan satuan baku dan tak baku
·
Mengukur massa benda
benda hidup dan benda tak hidup
dengan neraca
·
Mengukur
besaran turunan, misalnya: massa jenis benda, kelajuan, laju pertumbuhan dst
Asosiasi:
·
Menganalisis
data dalam bentuk tabel
·
Menyimpulkan
hasil analisis data yang diperoleh dari percobaan.
Komunikasi:
· Membuat laporan percobaan dalam bentuk tulisan.
· Mempresentasikan
hasil percobaan
|
Tugas
·
Lakukan
pengamatan terhadap benda-benda, kelompokkan berdasarkan ciri-cirinya,
·
Mengerjakan
tugas reviw dan berpikir kritis pada buku paket.
·
Tugas
proyek:: membaca sebuah peta suatu kota yang tertulis perbandingan skalanya,
peserta didik dapat menentukan jalan mana yang paling singkat menuju daerah tertentu dengan meniadakan faktor
kemacetan
Observasi
Memberikan penilaian pada saat peserta didik
melakukan percobaan.
Portofolio
·
Laporan hasil eksperimen
·
Laporan tugas proyek
Tes
Contoh soal PG
Beberapa perilaku yang sering dijumpai di Lab IPA berkaitan dengan
pengukuran :
·
Menuangkan air ke dalam gelas ukur
·
Memasukkan batu ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air
·
Menentukan volume VA dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus (VB –VA )
·
Menentukan volume VB dengan mengamati posisi permukaan air
·
Menghitung volume batu dengan rumus
(VA–VB )
|
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA
Miftachul Ulum, S.T, M.T Dwi Warti Yunita, S.Pd
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
IPA KELAS VIII
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS : VIII
MATERI AJAR
: Gerak
Lurus
Domain
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup Materi
|
Aktivitas/Kegiatan
Belajar Siswa
untuk
Mencapai Kompetensi
|
Teknik
dan Bentuk Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
Gerak
Lurus
|
Mengamati
·
Benda-benda
yang bergerak, misalnya sepeda yang melaju di jalan yang rata, jalan menanjak
dan jalan yang menurun.
·
Tetesan
kecap dari sedotan minuman yang dipasang pada mobil-mobilan
Menanya:
·
Tanya
jawab tentang
konsep gerak sehari-hari dan gerak dalam fisika
·
Bagaimana
gerakan sebuah benda yang dilempar ke atas atau yang jatuh ke bawah?
·
Bagaimana
cara yang lebih mudah memindahkan batu yang besar?
Eksperimen/explorer:
·
Pengertian
gerak (gerak relative)
·
Menentukan
kelajuan rata-rata.
·
Gerak
lurus beraturan (GLB)
·
Gerak
lurus berubah
beraturan dipercepat, diperlambat (ticker timer, papan luncur, mobil mainan, gunting, ganjal).
·
Eksplorasi
untuk mendapatkan grafik tetesan oli dan ticker timer
Asosiasi
·
Menganalisis data untuk
mendapat konsep gerak, GLB dan GLBB.
·
Mengolah data percobaan ke
dalam grafik, dan membandingkan hasil percobaan tetesan oli dengan ticker
timer.
Komunikasi
· Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
· Membuat
laporan praktik
· Mempresentasikan
hasil praktek
|
Tugas
·
Tugas proyek:
Gambarkan grafik sebuah mobil yang melaju di jalan menempuh jarak 30 km,
apabila pada jam 1 dipercepat menempuh jarak 12 km, jam 2 mobil bergerak
lurus samkmpai jarak 25 jarak, jam ke
3 mobil bergerak diperlambat sampai jarak 30 km sampai akhirnya berhenti!
·
Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
·
Membuat
laporan praktik
Observasi
Menilai
kegiatan praktikum dengan rubrik eksperimen
tetesan oli dan ticker timer.
Portofolio
Mengumpulkan:
Tes Tulis
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih makanan dan minuman yang menyehatkan
dan tidak merusak tubuh.
2.4
Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran
zat aditif yang berbahaya
|
Gerak
Lurus
|
Mengamati
·
Benda-benda
yang bergerak, misalnya sepeda yang melaju di jalan yang rata, jalan menanjak
dan jalan yang menurun.
·
Tetesan
kecap dari sedotan minuman yang dipasang pada mobil-mobilan
Menanya:
·
Tanya
jawab tentang
konsep gerak sehari-hari dan gerak dalam fisika
·
Bagaimana
gerakan sebuah benda yang dilempar ke atas atau yang jatuh ke bawah?
·
Bagaimana
cara yang lebih mudah memindahkan batu yang besar?
Eksperimen/explorer:
·
Pengertian
gerak (gerak relative)
·
Menentukan
kelajuan rata-rata.
·
Gerak
lurus beraturan (GLB)
·
Gerak
lurus berubah
beraturan dipercepat, diperlambat (ticker timer, papan luncur, mobil mainan, gunting, ganjal).
·
Eksplorasi
untuk mendapatkan grafik tetesan oli dan ticker timer
Asosiasi
·
Menganalisis data untuk
mendapat konsep gerak, GLB dan GLBB.
·
Mengolah data percobaan ke
dalam grafik, dan membandingkan hasil percobaan tetesan oli dengan ticker
timer.
Komunikasi
· Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
· Membuat
laporan praktik
· Mempresentasikan
hasil praktek
|
Tugas
·
Tugas proyek:
Gambarkan grafik sebuah mobil yang melaju di jalan menempuh jarak 30 km,
apabila pada jam 1 dipercepat menempuh jarak 12 km, jam 2 mobil bergerak
lurus samkmpai jarak 25 jarak, jam ke
3 mobil bergerak diperlambat sampai jarak 30 km sampai akhirnya berhenti!
·
Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
·
Membuat
laporan praktik
Observasi
Menilai
kegiatan praktikum dengan rubrik eksperimen
tetesan oli dan ticker timer.
Portofolio
Mengumpulkan:
Tes Tulis
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Gerak
Lurus
|
Mengamati
·
Benda-benda
yang bergerak, misalnya sepeda yang melaju di jalan yang rata, jalan menanjak
dan jalan yang menurun.
·
Tetesan
kecap dari sedotan minuman yang dipasang pada mobil-mobilan
Menanya:
·
Tanya
jawab tentang
konsep gerak sehari-hari dan gerak dalam fisika
·
Bagaimana
gerakan sebuah benda yang dilempar ke atas atau yang jatuh ke bawah?
·
Bagaimana
cara yang lebih mudah memindahkan batu yang besar?
Eksperimen/explorer:
·
Pengertian
gerak (gerak relative)
·
Menentukan
kelajuan rata-rata.
·
Gerak
lurus beraturan (GLB)
·
Gerak
lurus berubah
beraturan dipercepat, diperlambat (ticker timer, papan luncur, mobil mainan, gunting, ganjal).
·
Eksplorasi
untuk mendapatkan grafik tetesan oli dan ticker timer
Asosiasi
·
Menganalisis data untuk
mendapat konsep gerak, GLB dan GLBB.
·
Mengolah data percobaan ke
dalam grafik, dan membandingkan hasil percobaan tetesan oli dengan ticker
timer.
Komunikasi
· Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
· Membuat
laporan praktik
· Mempresentasikan
hasil praktek
|
Tugas
·
Tugas proyek:
Gambarkan grafik sebuah mobil yang melaju di jalan menempuh jarak 30 km,
apabila pada jam 1 dipercepat menempuh jarak 12 km, jam 2 mobil bergerak
lurus samkmpai jarak 25 jarak, jam ke
3 mobil bergerak diperlambat sampai jarak 30 km sampai akhirnya berhenti!
·
Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
·
Membuat
laporan praktik
Observasi
Menilai
kegiatan praktikum dengan rubrik eksperimen
tetesan oli dan ticker timer.
Portofolio
Mengumpulkan:
Tes Tulis
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari
sekolah.
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak
pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
Gerak
Lurus
|
Mengamati
·
Benda-benda
yang bergerak, misalnya sepeda yang melaju di jalan yang rata, jalan menanjak
dan jalan yang menurun.
·
Tetesan
kecap dari sedotan minuman yang dipasang pada mobil-mobilan
Menanya:
·
Tanya
jawab tentang
konsep gerak sehari-hari dan gerak dalam fisika
·
Bagaimana
gerakan sebuah benda yang dilempar ke atas atau yang jatuh ke bawah?
·
Bagaimana
cara yang lebih mudah memindahkan batu yang besar?
Eksperimen/explorer:
·
Pengertian
gerak (gerak relative)
·
Menentukan
kelajuan rata-rata.
·
Gerak
lurus beraturan (GLB)
·
Gerak
lurus berubah
beraturan dipercepat, diperlambat (ticker timer, papan luncur, mobil mainan, gunting, ganjal).
·
Eksplorasi
untuk mendapatkan grafik tetesan oli dan ticker timer
Asosiasi
·
Menganalisis data untuk
mendapat konsep gerak, GLB dan GLBB.
·
Mengolah data percobaan ke
dalam grafik, dan membandingkan hasil percobaan tetesan oli dengan ticker
timer.
Komunikasi
· Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
· Membuat
laporan praktik
· Mempresentasikan
hasil praktek
|
Tugas
·
Tugas proyek:
Gambarkan grafik sebuah mobil yang melaju di jalan menempuh jarak 30 km,
apabila pada jam 1 dipercepat menempuh jarak 12 km, jam 2 mobil bergerak
lurus samkmpai jarak 25 jarak, jam ke
3 mobil bergerak diperlambat sampai jarak 30 km sampai akhirnya berhenti!
·
Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
·
Membuat
laporan praktik
Observasi
Menilai
kegiatan praktikum dengan rubrik eksperimen
tetesan oli dan ticker timer.
Portofolio
Mengumpulkan:
Tes Tulis
|
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA
Miftachul Ulum,S.T,M.T Dwi
Warti Yunita, S.Pd
SILABUS MATA PELAJARAN:
IPA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas /Semester : IX
|
Kompetensi Inti*
KI 1 :
KI 2 :
KI 3 :
KI 4 :
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Sistem reproduksi manusia
|
Mengamati :
· Mengamati gambar sistem reproduksi manusia.
Menanya :
· Tanya jawab tentang fungsi sistem reproduksi manusia beserta
organ-organ penyusunnya. Samakah
susunan organ penyusun sistem reproduksi hewan mamalia dengan manusia ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan pembedahan hewan mamalia seperti kelinci, marmot,
atau tikus putih untuk melihat organ reproduksinya.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan berupa gambar sistem reproduksi hewan
mamalia pada lembar kerja.
· Menentukan bagian-bagian organ pada gambar sistem reproduksi
hewan yang telah dibuat.
· Membandingkan sistem reproduksi hewan dengan manusia untuk
mengetahui fungsi organ-organ reproduksi dengan mencari informasi pada buku
atau suber belajar lainnya yang relevan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil pekerjaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan praktek.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang sistem reproduksi
manusia serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
|
Tugas
· Kunjungilah suatu pusat kesehatan (klinik/
puskesmas/ rumah sakit). Carilah informasi tentang kelainan dan penyakit sistem reproduksi pada manusia dan cara mencegahnya..
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
Contoh Soal PG:
Perhatikan gambar berikut !
Tempat pembentukan sel telur pada manusia ditunjukkan
oleh nomor .....
a. 1
c. 3
b. 2 d. 5
|
2 x
15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang
yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.1
Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi, dan penerapan
pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
||||||||
4.1 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular
seksual dan upaya pencegahannya.
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Sistem Reproduksi Tumbuhan dan Hewan
|
Mengamati :
· Mengamati kebun singkong di halaman sekolah atau di luar
sekolah.
Menanya :
· Tanya jawab tentang bagaimana cara menanam pohon
singkong. Jika dengan menggunakan
potongan batang tanaman singkong (stek batang), apakah posisi mata tunas
mempengaruhi pertumbuhan tanaman ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan menanam pohon singkong menggunakan
potongan batang (stek batang).
Sekelompok batang ditanam dengan mata tunas ke atas, sedangkan
sebagian lainnya dengan mata tunas menghadap ke bawah (tanah).
Asosiasi :
· Mencatat data pertumbuhan tinggi tanaman singkong tiap
minggunya hingga 2 bulan..
· Mengolah data percobaan ke dalam tabel dan grafik.
· Menyimpulkan cara menanam pohon singkong yang baik dengan stek
batang berdasarkan data yang diperoleh dari hasil percobaan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang cara-cara reproduksi
tumbuhan secara vegetatif dan generatif beserta sifat keturunannya.
Mengamati :
· Mengamati lalat buah (Drosophila).
Menanya :
· Tanya jawab tentang bagaimana cara Drosophila melakukan reproduksi.
Apakah Drosophila melakukan
repoduksi dengan membelah diri, beranak, atau bertelur ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan mengawinkan lalat Drosophila dalam botol yang berisi makanan berupa pisang yang
dilumatkan. Lalat Drosophila dapat diperoleh dengan meletakkan potongan buah
seperti pisang di halaman sekolah.
Kemudian menangkap dan memasukkan beberapa lalat ke dalam botol.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan kondisi lingkungan di dalam botol
tiap harinya selama 2 minggu.. Amati keberadaan telur dan larva di sekitar
lumatan pisang.
· Menyimpulkan cara reproduksi lalat Drosophila berdasarkan hasil pengamatan.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang cara-cara reproduksi
hewan beserta sifat-sifat keturunannya.
|
Tugas
Tumbuhakanlah tanaman
dengan teknik reproduksi vegetatif di lingkungan sekolah.
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
Contoh soal
PG :
Perhatikan gambar organ
reproduksi tikus betina berikut !
Alat reproduksi yang menghasilkan embrio ditunjukkan
oleh nomor ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
|
2 x15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.2
Memahami reproduksi
pada tumbuhan dan hewan, sifat
keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
||||||||
4.2 Menyajikan
karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Perkembangan Penduduk dan Dampak Lingkungan
|
Mengamati :
· Mengamati gambar lingkungan yang rusak akibat jumlah penduduk
yang meningkat.
Menanya :
· Tanya jawab tentang pengaruh ledakan penduduk terhadap
lingkungan. Apakah limbah yang
dihasilkan penduduk, seperti detergen berpengaruh terhadap lingkungan ?
Eksperimen/explore :
· Melakukan percobaan dengan akar bawang merah, pengaruh
petumbuhan akar bawang merah terhadap limbah detergen. Akar bawang merah ditumbuhkan dengan cara
merendam sebagian siungnya selama ± 1minggu.
Akar bawang merah direndam dalam larutan detergen dengan konsentrasi
berbeda.
Asosiasi :
· Mencatat data pengukuran panjang akar bawang merah tiap
harinya selama 3 hari.
· Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menyimpulkan pengaruh limbah detergen terhadap pertumbuhan
akar tanaman.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang pengaruh perkembangan
penduduk terhadap lingkungan.
|
Tugas
Buatlah tulisan tentang dampak perkembangan
penduduk terhadap lingkungan.
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
Contoh soal PG
:
Perhatikan
grafik berikut !
Penjelasan
yang benar mengenai hubungan antara populasi manusia yang berlebihan dengan
tingkat pencemaran adalah ……..
a. tidak ada hubungan antara peningkatan
populasi manusia dengan tingkat pencemaran.
b. apabila penduduk bertambah, pencemaran
lingkungan juga meningkat.
c. apabila penduduk di suatu daerah
berlebihan, pencemaran lingkungan menurun.
d. pertambahan penduduk akan membuat laju
pencemaran lingkungan terkendali.
|
2 x 15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1 yang menjaga kelestarian lingkungan
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang
|
||||||||
3.3
Mendeskripsikan
penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
||||||||
4.3 Menyajikan hasil penelusuran
informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Molekul Atom, Ion dan
|
Mengamati
· Mengamati benda-benda yang ada di sekitar baik benda hidup
maupun benda mati. Semua benda-benda tersebut tersusun atas molekul-molekul.
Kemudian mengamati kapur tulis yang
dihancurkan sampai menjadi butir-butir yang sangat halus, bahkan tidak bisa
dilihat lagi oleh mata.
Menanya
1.
Disebut apakah
bagian yang sangat kecil dari suatu zat?
2.
Bagaimana sifat
bagian terkecil dari benda (kapur)
yang kita hancurkan tersebut dibandingkan sifat benda sebelum dihancurkan?
3.
Apa yang
terjadi jika bagaian yang sangat kecil dari zat tersebut bersegekan
dengan udara atau dengan bagian benda
yang lain?
Eksperimen/explore
Study
literature tentang konsep atom, molekul di buku-buku refrentsi
Asosiasi
1.
Menganalisis
data yang diperoleh dari literature sampai memperoleh kesimpulan tentang
konsep atom, ion dan molekul.
2.
Menyimpulkan
hasil analisis data tentang atom, ion dan molekul.
Komunikasi
1.
Mempresentasikan
kesimpulan yang diperoleh dari analisis data, sehingga mampu membedakan
karakteristik atom, ion, dan molekul berikut contoh-contohnya.
2.
Menggambarkan
konfigurasi atom.
|
Tugas
1. Study
literature untuk mendapat konsep tentang atom, ion, dan molekul.
2. Study
literature tentang pendapat para ahli tentang atom.pak ditemukannya teori
quantum atau revolusi iptek.
3. Membuat
tulisan dam
4. Mengerjakan
PR yang berhubungan dengan:
a.
konsep atom, ion, dan molekul.
b.
Contoh atom, ion dan molekul
Observasi
-Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Mengumpulkan
hasil laporan:
1. tulisan
pendapat para ahli tentang atom
2. tulisan
dampak ditemukannya teori Quantum.
3. tulisan
tentang fisika masa depan sehubungan adanya revolusi IPTEK
Tes (Contoh soal)
1. Tertulis
(PG)
1) Berikut
ini partikel yang terdapat dalam inti atom adalah …
a. nukleon
dan proton
b. proton
dan electron
c. proton
dan neutron
d. nukleon
dan elektron
2) Sebuah
atom bisa bermuatan listrik negative, karena ….
a. menangkap
proton dari luar
b. kehilangan
electron
c. memperoleh
electron dari luar
d. kehilangan
proton
2. Uraian
Intan dan arang, sama-sama
tersusun dari atom karbon, mengapa memiliki sifat yang berbeda?
|
2 x 10 JP
|
Buku Kemendikbud,
Internet
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.4
Mendeskripsikan
atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan
karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Listrik Statis
|
Mengamati
Peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan listrik statis, misalnya penggaris
plastik yang telah digosok, dapat menarik kertas yang disobek kecil-kecil.
Menanya
Diskusi tentang:
1. Gejala
listrik pada benda
2. Gaya
listrik
3. Prinsip
kerja elektroskop
Eksperimen/explore
1. Gejala listrik pada benda (penggaris plastik yang
bersih atau masih baru, kaca, kain sutra, kain wol, kertas yang di sobek
kecil-kecil)
2. Gaya akibat
muatan listrik (penggaris plastik yang bersih atau masih baru 2 buah 2 buah ,
kaca, kain sutra 2 helai, kain wol 2 helai, benang dan statif masing-masing 1
buah)
3. Prinsip
kerja elektroskop
Asosiasi
1.
Menganalisis
data untuk mendapakan konsep gejala listrik
2.
Menganalisis
data untuk mendapatkan sifat-sifat muatan listrik
Komunikasi
1. Membuat laporaneksperimen
tertulis
2. Mempresentasikan hasil eksperimen
|
Tugas
1. Membuat tulisan tentang
hubungan antara listrik statis dengan terjadinya petir dan cara menanggulangi
agar tidak tersambar petir
2. Diskusi kelompok membahas hasil eksperimen listrik statis
3. Membuat laporan eksperimen
listrik statis
Observasi
Mengamati kegiatan eksperimen dan menilainya dengan
menggunakan rubrik.
Portofolio
Kumpulan:
1. Laporan tertulis kelompok hasil eksperimen
2. Laporan (tulisan) tentang
terjadinya petir dan upaya menghindari sambaran petir.
Tes Tulis
Contoh PG
Sepotong Kaca akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan kain
sutera karena ....
a.
elektron dari kaca pindah ke sutera
b.
proton dari kaca pindah ke sutera
c.
elektron dari sutera pindah ke kaca
d. proton dari sutera pindah ke kaca
Uraian
Jelaskan dan gambar prinsip
kerja elektroskop yang digunakan untuk mengetahui apakah sebuah benda
bermuatan listrik atau tidak.
|
2 x 20 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.5
Memahami konsep listrik
statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada
sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
|
||||||||
4.5 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Rangkaian Listrik dan Sumber Energi Listrik
|
Mengamati
Rangkaian
sebuah baterai yang dihubungkan dengan sebuah lampu dan rangkaian dua buah
lampu dengan sebuah lampu.
Menanya
1.
Mengapa nyala
lampu lebih terang jika dihubungkan dengan dua buah baterai yang dirangkai
secara seri?
2.
Manakah energy
yang lebih besar digunakan oleh lampu terseut?
3.
Bagaimana cara
mengitung besarnya energy yang digunakan lampOhm.
4.
u tersebut?
5.
Adakah
cara-cara menghemat energy?
6.
Bagaimana cara
menghemat energy?
7.
Adakah sumber
energy lain selain baterai?
Eksperimen/explore
Eksperimen
rangkaian untuk menyelidiki :
1.
Hukum Ohm.
2.
Rangkaian seri
dan parallel
3.
Hukum
Kirchoff
4.
Energy listrik
Asosiasi:
Menganalisis
data hasil percobaan Hukum Ohm, Hukum
Kirchoff,Rangkaian seri dan parallel untuk membuat kesimpulan hubungan
antara:
c.
V, R dan I (
Hukum Ohm)
d.
Besarnya
hambatan pada rangkaian seri maupun parallel.
e.
Jumlah kuat
arus yang masuk dan yang keluar dari titik cabang
f.
V, I dan t
terhadap W
Komunikasi
1.
Membuat laporan
dari percobaan
2.
Mempresentasikan
hasil percobaan
3.
Mampu menyusun
bagaimana hambatan disusun seri maupun parallel.
4.
Membuat kesimpulan
bagaimana cara menghemat listrik
5.
Mempresentasikan
cara menghemat listrik
6.
Mempresentasikan
sumber-sumber energy yang memy listrik
alternatif.
|
Tugas Proyek
1. Membuat
tulisan tentang cara menghemat pemakaian energi listrik
2. Membuat
karya sederhana yang mengasilkan energy listrik
3. Diskusi
dan membuat laporan eksperimen
Observasi
Mengamati eksperimen dengan
rubric penilaian
Portofolio
Kumpulan:
1. Laporan
eksperimen
2. Laporan
tugas proyek
Tes (Contoh Soal)
Tertulis Pilihan Ganda (PG)
1.
Perhatikan gambar!
Rangkaian
hambatan tersebut dapat diganti
dengan sebuah hambatan yang besarnya...
a.
70 ohm
b.
55 ohm
c.
20 ohm
d. 5 ohm
|
2 x 15 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.6
Mendeskripsikan
karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber
energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam
menghemat energi listrik, serta serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan
sekitar.
|
||||||||
4.6 Melakukan
penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan
energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Kemagnetan, Induksi Elektromagnet
|
Mengamati
1.
Sebuah magnet
dapat menarik benda-benda seperti besi, baja yang ada di sekitarnya.
2.
Jarum kompas
yang digantung pada statif menggunakan benang.
Menanya
1.
Mengapa
benda-benda seperti besi dan baja yang ada di sekitar magnet, dapat ditarik
oleh magnet?
2.
Mengapa jarus
kompas yang digantung pada statif menggunakan benang (bergerak bebas) selalu
menujuk arah utara dan selatan bumi?
3.
Apakah
penggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari?
4.
Apa hubungan
antara hewan-hewan dengan listrik dalam mencari makan atau migrasi?
Eksperimen/explore
Melakukan
eksperimen, sehingga menghasilkan data tentang:
1.
Sifat
kemagnetan
2.
Electromagnet
3.
Induksi
Elektromagnet
4.
Trafo, dynamo
sepeda
Asosiasi
1.
Menganalisis
data untuk menentukan sifat-sifat kemagnetan
2.
Menganalisis
data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan
magnet dan factor-faktor yang menentukan besarnya medan magnet.
3.
Menganalisis
data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar medan magnet terdapat arus
listrik dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya arus listrik yang
dihasilkan.
4.
Menganalisis
data untuk menentukan hubungan antara tegangan, jumlah lilitan dan kuat arus
pada trafo.
Komunikasi
1. Mempresentasikan
hasil percobaan
2. Membuat karya sederhana yang
memanfaatkan prinsip elektro-magnetik (misalnya
bel listrik dan induksi elektromagnetik misalnya trafo
sederhana)
|
Tugas
1.
Membuat alat sederhana yang
memfaatkan electromagnet, misalnya bel listrik dsb.
2.
Membuat tulisan transmisi
daya listrik jarak jauh dari pusat pembangkit listrik sampai ke kota-kota.
3.
Membuat laporan hasil
eksperimen
Observasi
Mengamati eksperimen
electromagnet, induksi electromagnet.
Portofolio
Kumpulan:
1.
Laporan tugas proyek
2.
Laporan eksperimen
Tes (Contoh Soal)
PG
1. Sebuah transformator
mempunyai kumparan primer dan sekunder sebanding 500 dan
5.000, dihubungkan dengan
jaringan bertegangan arus
bolak balik 220 V. Berapa tegangan
keluaranya?
a. 220 V
b. 1.100
V
c. 2.200
V
d.
22.000 V
2. Daya pada kumparan primer dari sebuah trafo step up adalah 300 watt. Jika daya pada
kumparan sekundernya 150 watt.efesiensi trafo tersebut adalah....
a. 25 %
b. 75 %
c.. 50 %
d. 100 %
|
2 x 15 JP
|
·
Buku paket,
·
Lembar kerja Praktikum
·
Buku atau sumber belajar yang relevan.
·
Media elektronik
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat
dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.7
Mendeskripsikan konsep
medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk
teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan dan migrasi
|
||||||||
4.7 Membuat
karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/ atau
induksi elektromagnetik
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Hereditas Manusia
|
Mengamati :
· Mengamati gambar anak kembar dengan penampilan yang hampir
sama.
Menanya :
· Tanya jawab tentang keanekaragaman genetis pada manusia. Apakah manusia yang satu dengan yang lain
memiliki perbedaan ciri-ciri morfologi ?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum keanekaragaman genetis pada manusia
menggunakan cakram genetika. Ciri-ciri
anatomi yang diamati adalah : Ujung
daun telinga yang bebas dan yang melekat, ibu jari dapat dibengkokkan dan
yang tidak, bulu mata yang panjang dan yang pendek, rambut yang lurus dan
tidak lurus, adanya rambut pada ruas tengah jari-jari tangan dan tidak ada
rambut, golongan darah A, B, AB dan O.
Asosiasi :
·
Mengolah data
percobaan ke dalam tabel.
·
Menyimpulkan
hasil praktikum keanekaragaman genetis berdasarkan data yang diperoleh.
·
Menentukan
faktor yang mempengaruhi keanekaragaman genetis dengan mencarinya dari
berbagai sumber belajar.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk presentasi di depan kelas.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang keanekaragaman genetis
manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Mengamati :
· Mengamati gambar persilangan tanaman ercis (Pisum sativum).
Menanya :
· Tanya jawab tentang kemungkinan keturunan yang dihasilkan dari
persilangan induk dengan satu dan dua sifat beda. Apakah terdapat pola penurunan sifat yang
diwariskan dari induk kepada keturunannya ?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum penurunan sifat mahluk hidup menggunakan
kancing genetika (dapat digantikan dengan kancing baju).
Asosiasi :
·
Mengolah data
percobaan ke dalam tabel.
·
Menyimpulkan
hasil praktikum penurunan sifat mahluk hidup berdasarkan data yang diperoleh.
·
Memformulasikan
pola perbandingan sifat hasil persilangan mahluk hidup.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan.
· Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk presentasi di depan
kelas dan laporan tertulis.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang hukum pewarisan sifat
mahluk hidup.
|
Tugas
Carilah informasi dari berbagai sumber
tentang penerapan pemuliaan mahluk hidup menggunakan prinsip-prinsip
hereditas..
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
Contoh soal
PG :
Perhatikan diagram persilangan bunga berikut !
Sifat keturunan pada F2 apabila F1 disilangkan antar sesamanya adalah ....
a. 3 merah : 1 putih
b. 3 putih : 1 merah
c. 1 merah : 2 merah muda: 1
putih
d. semua merah
|
2 x 15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.8
Mengidentifikasi proses
dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
|
||||||||
4.8 Melakukan percobaan sederhana untuk
menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
PRODUK TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN
|
Mengamati :
Mengamati
tayangan tentang proses hingga menjadi produk dari teknologi ramah
lingkungan. Misalnya produk pertanian
organik, biodisel.
Menanya :
·
Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah
lingkungan?
·
Syarat apa saja yang menentukan sebuah teknologi
dimasukkan ke dalam kelompok ramah
lingkungan?
·
Apa saja contoh proses dan produk teknologi
ramah lingkungan?
Eksperimen/explore :
Studi literatur
tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dari buku maupun sumber
referensi lainnya.
Asosiasi :
· Menganalisis data yang diperoleh dari literatur hingga
memperoleh kesimpulan proses dan produk teknologi ramah lingkungan.
· Memerikan contoh-contoh proses dan produk teknologi ramah
lingkungan dan yang tidak ramah lingkungan.
Komunikasi :
Mempresentasikan
hasil studi literatur di depan kelas tentang proses dan produk teknologi
ramah lingkungan.
|
Tugas
Carilah informasi tentang kerusakan di
lingkungan sekitar akibat teknologi yang tidak ramah lingkungan. Buatlah tulisan tentang cara mengatasi
permasalahan tersebut berdasarkan prinsip-prinsip teknologi ramah lingkungan.
Observasi
-
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
2 x 15 JP
|
Buku paket serta sumber
belajar yang relevan.
|
|||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4 menunjukkan penghargaan kepada
orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan
kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang
merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
||||||||
4.10 Menyajikan
data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak
lingkungan
|
||||||||
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Bioteknologi
dan Produksi Pangan
|
Mengamati :
· Mengamati gambar,
tayangan
dan atau bacaan yang
berhubungan dengan produksi pangan.
Menanya :
· Apa saja
produksi pangan itu ?
· Mengapa kita bergantung pada produksi
pangan?
· Bagaimana menghasilkan produksi pangan?
· Mengapa ada yang gagal panen?
Eksperimen/explore :
· Melakukan stufi literatur tentang produksi
padi dalam rangka usaha peningkatan hasil panen.
· Alternatif lain berupa survey di
lingkungan sekitar tentang produk pangan unggulan yang dihasilkan.
Asosiasi :
· Mencari hubungan antara peningkatan
produksi pangan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
· Mencatat produk pangan unggulan di
sekitar dan menghubungkannya dengan perkembangan teknologi.
.
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
· Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan kelas.
|
Tugas
Carilah informasi tentang produksi padi dan usaha untuk meningkatkan
produksi.
Alternatif lain: mencari data/ informasi tentang
produk pangan unggulan di sekitar
Observasi
-
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
2 x 15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.4
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang
yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.9
Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
||||||||
4.9 Menyajikan data ide-ide,
atau penelusuran informasi tentang penerapan bioteknologi dalam mendukung
keberlangsungan hhidup manusia melalui produksi pangan
|
||||||||
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
Tanah dan Kehidupan
|
Mengamati :
· Mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan organisme
yang hidup di dalamnya.
Menanya :
· Apakah fungsi tanah ?
· Organisme apa saja yang umum ditemukan di dalam tanah?
· Apakah fungsi organisme tersebut di dalam tanah?
Eksperimen/explore :
· Melalukan praktikum mengetahui peran Cacing tanah (Lubricus sp.) dalam proses pembusukkan
bahan organik. Cacing tanah diletakkan
dalam wadah kaca transparan (bekas akuarium kecil) yang di dalamnya terdapat tanah dan
potongan kecil sampah organik. Sebagai
kontrol digunakan wadah dengan isi yang sama namun tidak dimasukkan cacing
tanah.
Asosiasi :
· Mencatat data pengamatan bentuk/tekstur dan kondisi tanah yang
dicampur dengan bahan sampah organik setiap 3 hari sekali selama 40 hari.
· Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel perbandingan antara
wadah yang dimasukkan cacing ke dalamnya dengan wadah kontrol.
· Menyimpulkan pengaruh/peran cacing dalam proses pembusukkan
bahan organik (pupuk kompos) .
Komunikasi:
· Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan
kelas.
· Menginformasikan lebih lanjut tentang peran organisme lainnya
didalam tanah serta peran tanah dalam kehidupan.
|
Tugas
Carilah informasi tentang fungsi organisme
tanah (makroorganisme maupun mikroorganisme). Buatlah tulisan tentang peran organisme
tanah dalam mendukung kehidupan .
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
2 x 15 JP
|
Buku paket, Lembar kerja
Praktikum, Buku atau sumber belajar yang relevan.
|
|||
2.5
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.6
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.7
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
2.8
menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang
yang menjaga kelestarian lingkungan
|
||||||||
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang
hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan
|
||||||||
4.11 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah
bagi keberlangsungan kehidupan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Miftakhul
Ulum,S.T,M.T
|
Diketahui:
Waka Kurikulu
Dwi Warti
Yunita, S.Pd
|
Di buat:
Guru IPA
Dwi Warti
Yunita, S.Pd
|
0 komentar:
Posting Komentar